Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ilkay Gundogan ke Barcelona

 


Ilkay Gundogan telah menyelesaikan tes medisnya dengan Barcelona menjelang transfer gratis dari Manchester City. Gelandang tersebut akan berstatus bebas kontrak di Etihad Stadium dan akan hengkang, meskipun ia menjadi kapten mereka dalam meraih treble di Premier League, Piala FA, dan Liga Champions musim ini. Gundogan telah menarik minat kuat dari sejumlah klub, termasuk Arsenal.

Namun, daripada bergabung dengan Arsenal, Gundogan memilih untuk pindah ke LaLiga dan bergabung dengan Xavi. Barcelona menjadi juara La Liga musim lalu dan berharap untuk tampil lebih baik di Liga Champions musim depan.

Gelandang Jerman tersebut menjalani tes medis di Munich yang berhasil ia lalui. Bersama agennya, ia bertemu dengan direktur olahraga Barcelona, Mateu Alemany, untuk menandatangani kontraknya yang akan membuatnya berada di Nou Camp selama dua tahun. Ada opsi perpanjangan kontrak untuk tahun ketiga, tetapi ia harus bermain lebih dari setengah pertandingan Barcelona di musim keduanya.

Alemany menyelesaikan kesepakatan tersebut di Jerman pada hari Rabu setelah serangkaian pertemuan sejak berakhirnya musim. Gundogan juga melakukan pembicaraan dengan pelatih baru, Xavi, yang menjelaskan visinya untuk Barcelona musim depan. Itu cukup meyakinkan Gundogan bahwa Catalonia harus menjadi tujuan berikutnya baginya.

Berita bahwa Gundogan memilih untuk bergabung dengan Barcelona tentu akan sangat mengecewakan pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Pemain asal Spanyol itu tetap berharap bahwa gelandang Jerman tersebut akan tetap berada di Etihad setelah musim panas.

City telah menawarkan kontrak tambahan selama satu tahun kepada Gundogan, dengan opsi tahun tambahan di atasnya, tetapi tawaran tiga tahun dari Barcelona berhasil mengubah pikirannya. Meskipun Guardiola ingin Gundogan bertahan, City merasa harus konsisten dalam hal penawaran kontrak kepada pemain yang berusia di atas 30 tahun dan tetap mempertahankan tawaran perpanjangan kontrak asli mereka.

"Dia tahu apa yang saya pikirkan. Mungkin beberapa dari Anda tahu itu, kami adalah tetangga, kami tinggal di lantai yang sama jadi selama bertahun-tahun dia adalah teman dekat saya," kata Guardiola setelah City memenangkan Piala FA.

"Penampilannya luar biasa. Semoga kami bisa menyelesaikan musim dengan baik. [Direktur sepakbola] Txiki [Begiristain] sedang bekerja [pada kontrak]. Musim yang dia jalani luar biasa."

Berita ini juga merupakan pukulan besar bagi Mikel Arteta, yang telah menandai Gundogan sebagai salah satu target utamanya untuk musim panas ini. Pelatih Arsenal berharap dapat mendatangkan Gundogan dan Rice pada jendela transfer ini, meskipun tampaknya ia akan kecewa dalam kedua upayanya.

Arsenal akan menyesal atas kegagalan mereka dalam mengamankan Gundogan saat mereka berusaha meningkatkan skuad Arteta. Kepala akademi, Per Mertersacker, telah mengklaim pada awal bulan ini bahwa mereka berada di posisi unggul untuk merekrutnya.

Post a Comment for "Ilkay Gundogan ke Barcelona"